Posted by: Akhmad KHUSYAIRI | March 19, 2011

Update catatan kecil ledakan hidrogen PLTN Fukushima per 19 Mar 2011 (22.00)

Menambahkan catatan kecil sebelumnya tentang PLTN Fukushima I, berikut kondisi bebrapa hari terakhir :

 

  • 16 Maret 2011, pada pukul 14:30, TEPCO (Tokyo Electric Power Company) menyatakan bahwa kolam penyimpanana bahan bakar bekas yang terleatak diluar containment mulai mendidih.
  • 17 Maret 2011, Helikopter Pasukan bela diri Jepang melakukan empat kali penyiraman pada kolam penyimpanan bahan bakar bekas yang terletak pada unit 3 dan 4. Siang hari dilaporkan bahwa kondisi kolam penyimpannan bahan bakar bekas telah terisi air penuh. Pekerjaan konstruksi mulai dilakukan untuk menyediakan pasokan listrik eksternal untuk keenam unit reaktor Fukushima. Pada pukul 19.00 waktu setempat, dikerahkan polisi dan truk pemadam kebakaran yang bertekanan tinggi untuk menyemprotkan air kedalam instalasi unit 3. Pemerintah Jepang menginformasikan bahwa para ahli dari IAEA memasang jaringan/kabel untuk pasokan listrik eksternal untuk reaktor no 2 disamping itu tetap menambahkan pasokan air kedalam tapak reaktor.
  • 18 Maret 2011,  pukul 03.00, Gubernur Tokyo,  Shintaro Ishihara, meminta pengiriman 30 mobil pemadam kebakaran dan 139 pasukan pemadam kebakaran serta tim rescue yang terlatih. Semua unit yang dikirim akan bergabung dengan pasukan bela diri yang telah dikerahkan sebelumnya.  Pada radius 30 km arah barat laut dari tapak PLTN Fukushima, paparan radiasi dilaporkan pada laju 150 microsieverts per jam. Pemerintah Jepang menyatakan bahwa kondis reaktor 2 dan 3 masuk pada skala  5 INES dan kondisi kehilangan pendingin pada kolam penyimpanan bahan bakar bekas pada reaktor no 4 masuk dalam skala 3 INES. Masih berlangsung  proses pengerjaan pemasangan jaringan listrik untuk reaktor no 2. Hal ini diantisipasi untuk mengembalikan pasokan listrik untuk reaktor no 1 dan  2 pada  19 Maret dan untuk reaktor yang lain pada  20 Maret. Pada pukul  11.00 waktu setempt, paparan radiasi disekitar reaktor telah menurun dari  351.4 microsieverts per jam menjadi  265 microsieverts per jam
  • 19 Maret 2011: Group kedua pasukan pemadam kebakaran yang berjumlah  100 orang menuju  PLTN  Fukushima Daiichi untuk bergabung dalam operasi pendinginan reaktor. Dengan menggunkan kendaraan khusus pasukan pemadam kebakaran menyemprotkan air laut kedalam kolam penyimpanan bahan bakar bekas yang terletak di unit 3. Sabtu pagi petugas pemadam kebakaran menyatakan bahwa  60 ton air laut telah disemprotkan kedalam gedung selama 20 menit.  Dalam sehari telah dilakukan penyemprotan selama 7 jam. TEPCO melaporkan bahwa air sangat efektif dalam penurunan suhu bahan bakar bekas hingga dibawah 100 derajat Celsius.

 

Demikian perkembangan terakhir hingga pukul 22.00 WIB (19 Mar 2011), jika ada perkembangan yang significant insyaAllah akan kami informasikan segera

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: