Posted by: Akhmad KHUSYAIRI | March 23, 2011

Update catatan kecil ledakan hidrogen PLTN Fukushima per 23 Mar 2011 (09.30 WIB)

Dear Bloger,

Berikut perkembangan terkini dari PLTN Fukushima I pasca tsunami dan ledakan hidrogen.

22 Maret 2011, Asap masih muncul dari unit 2 dan 3 , namun sudah menipis, hal ini disebabkan karena penyemprotan yang dilakukan terhadap gedung reaktor. Pemulihan jaringan listrik dilanjutkan dan kabel-kabel untuk catu daya sudah terpasang dan terhubung dengan unit 4. Injeksi air laut untuk unit 1-3 tetap dilakukan.

Dilaporkan bahwa semua kabel power eksternal telah terhubung ke semua unit (unit 1-6) dan pasokan listrik kembali normal untuk ruang kendali unit 3.

 

Catatan penulis:

Suatu upaya yang yang laur biasa dilakukan oleh Bangsa Jepang dalam mengatasi krisis nukir pasca terjadinya tsunami 11 Maret 2011.

Dari perkembangan terakhir tersebut, pasokan listrik untuk pompa pendingin yang selama ini tidak dapat difungsikan karena tidak terdapat pasokan listrik baik dari Perusahaan Listrik setempat maupun dari Genset, segera dapat disediakan. Sehingga tahap awal pendinginan reaktor maupun kolam penampung bahan bakar nuklir bekas dapat dilakukan.

Sedangkan pasokan listrik untuk ruang kendali reaktor unit 3 telah pulih, dengan punlihnya pasokan listrik pada ruang kendali reaktor unit 3, diharapkan kondisi reaktor akan terpantau pada ruang kendali, sehingga upaya lebih lanjut dapat dilakukan berdasarkan parameter yang muncul pada ruang kendali reaktor unit 3 .

 

Untuk sementara ini yang bisa diinformasikan hingga pukul 09.15,….

 

Salam

AK


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: