Posted by: Akhmad KHUSYAIRI | March 29, 2011

Kupu-kupu : Sebuah Pelajaran

Ada berbagai macam kupu-kupu, dan kebanyakan indah dipandang. Saat terbang kepak sayapnya tidak terdengar, namun mampu mengangkat tubuh kupu-kupu itu. Namaun kalau melihat perjuangannya hingga menjadi seekor kupu-kupu ternyata begitu berat.

Telur kupu-kupu menetas menjadi ulat. Bentuknya jelek, orang tidak suka melihatnya. Dia makan begitu rakus. Namun setelah sampai waktunya ia berfikir, haruskah saya seperti ini? Gerakan dan pandangannya sangat terbatas. Ia melihat burung yang terbang, lalu berfikir dapatkah aku seperti burung itu, terbang ke sana ke mari dengan bebas.

Datanglah malaikat kepadanya. “Maukah kamu bisa terbang?”, ulat menjawab “Ya, saya mau, tapi bagaimana caranya?”

Lalu malaikat itu memberitahu bagaimana caranya agar ulat dapat terbang. Malaikat juga memberitahu betapa berat yang harus ditempuh dan nyawa sebagai taruhannya. Namun ulat sanggup menjalani semua itu.

Ulat kemudian mencari tempat yang dianggap aman untuk melaksanakan keinginannya. Ia berubah menjadi kepompong, yang tidak dapat bergerak sama sekali. Ia menutup semua komunikasi dengan pihak lain dan terus berdo’a.

Akhirnya keinginannya yang disertai pengorbanan itu terkabul. Ulat itu berubah menjadi kupu-kupu. Kupu-kupu itu lalu terbang melihat-lihat betapa luas bumi ini. Dan kebiasaan makannya pun berubah. Semua berubah.

Namun sayang, usianya hanya beberapa hari, tapi ia tak pernah menyesali keadaannya.  Meskipun hidup sebagai kupu-kupu tidak lama, namun ia merasa bangga karena tidak lagi merusak seperti waktu menjadi ulat dulu, bahkan ia telah membantu tumbuh-tumbuhan, membantu penyerbukan.

Dan akhirnya kupu-kupu itu pun mati dalam keadaan berbuat baik.

Salam,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: