Posted by: Akhmad KHUSYAIRI | April 29, 2011

PLTN Brown Ferry USA, dihantam Tornado besar

 Sebuah PLTN mengalami shut down secara otomatis akibat diterjang Tornado yang menghantam America.

Selama bertahun-tahun Tornado ini memporakporandakan jaringan listrik di tiga Negara bagian di selatan.  Pihak Tennessee Valley Authority (TVA ) melaporkan terjadi pemadaman listrik disebagian besar wilayah Mississipi utara, Alabama utara dan Tennessee selatan, sebagai akibat dari Tornado dan angin kencang yang terjadi di wilayah itu.

Presiden Obama menyatakan kondisi darurat di Alabama dan dimungkinkan FEMA (Federal Emergency Management Agency) melakukan upaya koordinasi untuk membantu 300 orang yang dilaporkan tewas karena badai tersebut. TVA mengatakan bahwa hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya disepanjang wilayah yang mempunyai luas 80000 mile persegi itu. Badai ini juga mengakibatkan kerusakan pada jaringan transsmisi dan memutus aliran listri ke 677000 rumah.

Tiga reactor pembangkit listrik bertipe BWR pada PLTN Browns Ferry di Alabama mengalami shut down secara automatis dengan system pendingin yang mendapat pasokan listrik berasal dari kombinasi transmisi dari luar tapak dan diesel gen set yang berada di tapak PLTN tersebut. Bagaimanapun juga, shut down ini merupakan kejadian yang dianggap tidak biasa bagi Nuclear Regulatory Commission jika pasokan listrik normal dan alternatifnya tidak tersedia lebih dari 15 menit.

TVA menekankan bahwa system keselamatan berfungsi dengan baik. PLTN mengalami shut down pada 27 April jam 4.36 pm dan pada tanggal tanggal 28 April masing-masing reactor unit 2 dan 3 mengalami shutdown dingin pada pukul 2.43 am dan 5.45 am. TVA mengatakan bahwa unit 1 was telah terdinginkan dan saat ini diprioritaskan untuk mendinginkan reactor yang telah shut down. Sebuah jaringan 161 KV saat ini telah tersedia untuk PLTN Browns Ferry, yang berasala dari 8 diesel gen set. Satu gen set sedang dalam perbaikan saat Tornado menghantam komplek tersebut, namun sesaat kemudian dapat beroperasi kembali TVA tidak melaporan kerusakan terhadap instalasi PLTN miliknya yang lain akibat badai ini, yaitu di Sequoyah dan Watts Bar.

Salam,

AK


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: