Posted by: Akhmad KHUSYAIRI | May 6, 2011

Pembangunan PLTN China Terus Berlanjut

Kubah bangunan reaktor unit 2 pada PLTN Yangjiang di Cina baru-baru ini dipasang, 16 hari lebih cepat dari jadwal semula. Sementara itu, cincin kedua bejana containment unit 2 PLTN Haiyang juga telah diletakkan pada posisinya.

Pada pagi hari tanggal 29 April, kubah – dengan diameter 37 meter, tinggi 11 meter dan berat 156 ton – diangkat crane dan ditempatkan di atas dinding bejana containment PLTN Yangjiang 2. Pelaksanaan pekerjaan ini membutuhkan waktu sekitar 80 menit.

Kontraktor pembangunan instalasi China Nuclear Engineering and Construction Corp, (CNECC) mengatakan bahwa instalasi kubah telah berhasil,hal ini mengindikasikan bahwa proyek pembangunan unit Yangjiang 2 sekarang memasuki fase berikutnya, dimana komponen system reaktor berat dipasang di dalam gedung.

PLTN Yangjiang akhirnya enam PWR CPR-1000 akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menghasilkan sekitar 1080 MWe masing-masing.

CPR 1000 ini juga akan menjadi PLTN China kedua bagi Guangdong Nuclear Power Corp setelah PLTN Daya Bay, yang juga terletak di provinsi Guangdong.

Pembangunan dua unit pertama dimulai pada bulan Desember 2008 sedangkan untuk operasi komersial direncanakan pada tahun 2013.  Sementara itu pembangunan 2 unit selanjutnya akan segera menyusul, dan pembangunan yang terakhir ini akan selesai pada tahun 2017.

Instalasi PLTN Haiyang

Cincin baja kedua containment vessel unit 2 pada PLTN Haiyang di provinsi Shandong Cina timur juga telah dipasang di posisinya. Pada tanggal 28 April, proses pengerjaan ini membutuhkan waktu satu jam 51 menit, cincin kedua dari Westinghouse AP1000 diangkat crane dan diletakkan pada cincin baja pertama, yang dipasang pada akhir Maret lalu.

Cincin kontainmen vessel adalah yang kedua dari enam. Jika selesai,maka struktur kedap udara akan mewadahi semua komponen rangkaian sistem primer reaktor termasuk bejana reaktor, pompa pendingin primer dan generator uap. Komponen-komponen ini akan dikelilingi oleh struktur konstruksi sandwich baja-beton-baja. Tahap I dari PLTN Haiyang, terdiri dari dua unit AP1000, yang telah disetujui oleh Dewan Negara pada tanggal 23 September 2009. Selanjutnya , Badan Keselamatan Nuklir Nasional mengeluarkan izin untuk pembangunan dua reactor tersebut, dan bebrapa hari kemudian dilakukan peletakan batu pertama. Haiyang 1 dan 2 diharapkan mulai beroperasi masing-masing Mei 2014 dan Maret 2015.

Tapak Haiyang akhirnya akan memiliki enam reaktor besar. Pada bulan Maret 2009, Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional menyetujui pekerjaan awal untuk reactor unit 3 dan 4, yang juga merupakan reactor AP1000.Pembangunan PLTN ini diharapkan segera dimulai.

Regards,

AK


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: