Posted by: Akhmad KHUSYAIRI | May 16, 2011

PLTN Ketiga Pakistan Mulai Beroperasi

PLTN ketiga Pakistan mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 12 May 2011. PLTN Chashma unit 2, juga dikenal sebagai CHASNUPP-2, merupakan PLTN type PWR mempunyai 300 MWe yang berlokasi didekat Chashma Barrage di kiri Sungai Indus.

Pada upacara pembukaan yang dihadiri oleh beberapa pemimpin pemerintah dan militer Pakistan, Perdana Menteri Syed Yusuf Raza Gilani meresmikan PLTN dan dengan bangga mengatakan bahwa kerjasama tim Pakistan dan Cina yang menyelesaikan proyek ini, ternyata tiga bulan lebih cepat dari jadwal yang direncanakan. Pembangunan PLTN dimulai pada akhir tahun 2005 dan terhubungdengan jaringan listrik nasional Pakistan pada tanggal 14 Maret tahun ini.

Perdana menteri mengingatkan bahwa listrik dari PLTN ini akan membantu mengurangi kekurangan energi pada daerah yang saat ini mengalami krisis energi. “Kami berkewajiban untuk melakukan segala upaya untuk mengatasi krisis yang berlaku dengan memanfaatkan semua sumber yang tersedia dan akan mengoperasikan pembangkit listrik dalam waktu sesingkat mungkin,” kata Gilani. Dia juga menyatakan bahwa pelajaran keselamatan tambahan akan dipelajari terkait dengan kecelakaan nuklir di Jepang dan mengadopsi langkah-langkah yang tepat.

Pakistan hingga saat ini tetap belum menandatangani Perjanjian non-Proliferasi Nuklir (NPT) dan oleh karena Pakistan mengalami keterbatasan dalam hal perdagangan nuklir dunia, sedangkan PLTN Chashma unit 2 masuk dalam perjanjian safeguards khusus yang ditandatangani Pakistan dengan IAEA pada tahun 2006.

Pakistan saat ini memiliki reactor nuklir kecil yang terdiri dari tiga reaktor dengan kapasitas total sebesar 725 MWe. Namun, berencana untuk mengembangkannya, setidaknya dua reaktor atau lebih direncanakan dibangun pada tapak yang sama, dengan kapasitas total PLTN 8800 MWe pada 2030. Program ini merupakan bagian dari program ambisius yang akana melakukan peningkatan pembangkitan dari semua sumber daya dari 20 GWe pada tahun 2006 menjadi lebih dari 160 GWe pada tahun 2030.

Sumber : Word Nuclear News


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: